berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Administrasi Biden mengkritik ‘penargetan politik’ terhadap pemimpin oposisi Venezuela yang dilarang maju sebagai calon presiden

(SeaPRwire) –   Bersama dengan 30 pemimpin dunia lainnya mengutuk keputusan pengadilan tertinggi Venezuela untuk memblokir kandidatur presiden María Corina Machado.

Presiden Biden sebelumnya mengancam negara Amerika Selatan itu untuk menerapkan kembali sanksi ekonomi terhadap Venezuela jika gagal mengizinkan pemilihan demokratis yang adil.

Dalam pernyataan kepada Digital, Departemen Luar Negeri AS mengatakan sedang meninjau proses pemilihan Venezuela setelah Pengadilan Tertinggi Venezuela-Tribunal Supremo de Justicia- memutuskan bahwa Machado tidak akan diizinkan maju sebagai presiden.

“Amerika Serikat saat ini meninjau kebijakan sanksi Venezuela kami, berdasarkan perkembangan ini dan penindasan terhadap kandidat oposisi demokratis dan masyarakat sipil,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller.

Langkah itu datang setelah pengadilan tertinggi Venezuela mempertahankan larangan kandidatur Machado.

Machado, mantan anggota legislatif, memenangkan pemilihan presiden primer oposisi secara independen pada bulan Oktober dengan lebih dari 90% suara.

Kemenangannya terjadi meskipun pemerintah mengumumkan larangan 15 tahun baginya untuk maju dalam pemilihan hanya beberapa hari setelah ia secara resmi masuk dalam perebutan pada bulan Juni.

Ia dapat berpartisipasi dalam pemilihan primer karena upaya itu diorganisir oleh komisi yang independen dari otoritas pemilihan Venezuela.

Machado menolak larangan itu dan terus berkampanye melawan Presiden Venezuela Nicolás Maduro yang menjabat.

Ia berargumen bahwa ia tidak pernah menerima pemberitahuan resmi tentang larangan itu, dan bersikeras bahwa pemilih adalah penentu sah kandidaturnya.

Pada bulan Desember, ia mengajukan klaim kepada Mahkamah Agung Keadilan untuk mengkonfirmasi larangan itu batal dan mengejar injungsi untuk melindungi hak politiknya.

Namun, pengadilan memutuskan melawannya dan mempertahankan larangan itu.

Mencegah Machado dan kandidat lainnya untuk maju akan bertentangan dengan kesepakatan antara pemerintah Venezuela dan tokoh oposisi yang didukung AS tahun lalu.

Kesepakatan itu menyebabkan pemerintah AS melonggarkan beberapa sanksi terhadap industri minyak, gas, dan pertambangan Venezuela.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.