berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Argentina tidak akan bergabung dengan BRICS sebagaimana jadwal, kata anggota tim transisi Milei

(SeaPRwire) –   BUENOS AIRES, Argentina (AP) — Argentina tidak akan bergabung dengan blok ekonomi berkembang BRICS tahun depan sebagaimana yang dijadwalkan, kata seorang pejabat senior di tim transisi Presiden terpilih Javier Milei Kamis.

“Kami tidak akan bergabung dengan BRICS,” tulis Diana Mondino, yang dipilih Milei sebagai menteri luar negeri setelah dilantik menjabat pada 10 Desember, di X, mantan Twitter.

Langkah ini tampaknya merupakan prakiraan pergeseran kebijakan luar negeri yang akan diterapkan di Argentina setelah populis kanan Javier Milei menjabat.

, seorang libertarian, mengkritik China dengan keras saat kampanye dan mengancam memutus hubungan diplomatik dengan negara itu ,mengatakan dalam wawancara dengan mantan pembawa acara Tucker Carlson bahwa “Saya tidak akan berbisnis dengan komunis manapun.”

Meskipun ia telah memperlemah retorika itu sejak memenangkan pemilihan 19 November, juga mengkritik pemerintah kiri .

Selama kampanye, Milei, seorang pengagum mantan Presiden Donald Trump, berulang kali mengatakan bahwa jika ia menang “sekutuku akan menjadi Amerika Serikat dan Israel.”

Sebelumnya Mondino mengecilkan pentingnya BRICS.

BRICS “lebih terkait dengan keselarasan politik daripada keuntungan yang mungkin ada untuk perdagangan antarnegara,” katanya dalam wawancara dua minggu lalu. “Kami sudah memiliki hubungan diplomatik dan perdagangan dengan sebagian besar negara tersebut.”

Argentina termasuk enam negara yang diundang pada Agustus untuk bergabung dengan blok yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan untuk membentuk blok 11 negara. Argentina dijadwalkan bergabung 1 Januari 2024.

Saat itu, Presiden Alberto Fernández merayakan undangan, mengatakan hal itu akan membantu Argentina mencapai pasar baru.

Blok ini dibentuk oleh Brasil, Rusia, India dan Cina pada 2009 dan menambahkan Afrika Selatan pada 2010.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.