berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Mantan Kepala Badan Mata-mata Domestik Jerman Hadapi Pemeriksaan atas Tuduhan Ekstremisme

(SeaPRwire) –   telah meneliti mantan kepalanya, yang pernah menjadi politisi garis keras sejak dicopot dari pekerjaannya beberapa tahun lalu.

Pada hari Rabu, Hans-Georg Maassen mengeposkan surat dari badan BfV kepada pengacaranya di situs webnya setelah stasiun televisi publik ARD dan media t-online melaporkan bahwa otoritas yang dipimpinnya dari tahun 2012 hingga 2018 sekarang menyimpan berkas-berkasnya terkait ekstremisme sayap kanan.

Surat tertanggal 16 Januari tersebut berisi informasi bahwa BfV menyimpan berkas-berkasnya. Badan tersebut menolak berkomentar atas laporan dan surat tersebut, dengan alasan bahwa mereka tidak mengomentari individu karena hak-hak mereka, kantor berita Jerman dpa melaporkan.

Maassen dicopot sebagai kepala BfV pada tahun 2018 setelah tampaknya meremehkan kekerasan sayap kanan di kota timur Chemnitz. Ia menjadi tokoh yang vokal namun marjinal di sayap kanan keras dari Partai Union Kristen Demokrat yang konservatif, partai yang pernah dipimpin oleh mantan Kanselir Angela Merkel, dan gagal dalam pemilihan anggota parlemen nasional pada tahun 2021.

Pemimpin CDU tahun lalu meluncurkan upaya untuk mengeluarkan Maassen, menyusul cuitan yang mengatakan bahwa pembawaan “kekuatan-kekuatan pendorong dalam ranah politik dan media” adalah “rasisme pemusnahan terhadap kulit putih dan keinginan membara agar Jerman gulung tikar.”

Dalam beberapa minggu terakhir, Maassen telah membuat rencana untuk mengubah kelompok ultra-konservatif yang dipimpinnya, WerteUnion, menjadi partai baru. Pada hari Sabtu, ia mentwit surat yang mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan CDU, partai oposisi utama Jerman saat ini, yang ditegaskannya sekarang “adalah varian dari partai-partai sosialis dan bukan alternatif bagi mereka.”

Pada hari Rabu, Maassen menulis di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, bahwa pemerintah “jelas takut” kepadanya dan partai barunya yang prospektif, dan mengatakan surat yang dikirimkan kepada pengacaranya “tidak berisi bukti yang bisa dipertanggungjawabkan yang membenarkan pengawasan.”

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.