berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Mantan kepala intelijen Brazil ditetapkan sebagai tersangka dalam penyelidikan dugaan pengintaian politik, kata pejabat

(SeaPRwire) –   RIO DE JANEIRO (AP) — Kepolisian federal sedang menyelidiki mantan kepala agensi intelijen nasional sebagai bagian dari penyelidikan terhadap dugaan pengintaian terhadap lawan politik di bawah mantan Presiden Jair Bolsonaro, menurut petugas yang mengetahui operasi tersebut.

Mantan kepala intelijen, Alexandre Ramagem, termasuk di antara mereka yang ditargetkan oleh 25 surat perintah pencarian yang dilakukan polisi pada Kamis pagi, kata petugas itu, berbicara dengan syarat anonim karena tidak diperbolehkan berkomentar secara terbuka tentang kasus ini.

Ramagem tidak berkomentar secara terbuka tentang surat perintah pencarian.

Polisi sedang menyelidiki “kelompok kejahatan terorganisir” dalam layanan intelijen, yang dikenal dengan akronim Bahasa Portugisnya ABIN, menurut pernyataan polisi. Kelompok itu “menggunakan alat dan layanan agensi intelijen negara untuk tindakan tidak sah, menghasilkan informasi untuk penggunaan politik dan media, untuk memperoleh keuntungan pribadi dan campur tangan dalam penyelidikan polisi,” katanya.

menunjuk Ramagem untuk memimpin ABIN pada Mei 2019. Pemimpin sayap kanan sebelumnya menunjuknya untuk menjadi kepala polisi federal, tetapi dengan cepat menyerah karena kritik yang tumbuh tentang nominasi itu karena Ramagem dianggap terlalu dekat dengan keluarga presiden.

Anggota agensi intelijen Brasil diduga menggunakan teknologi pengintai untuk melacak telepon seluler tanpa otorisasi hukum, menurut polisi. Pada bulan Oktober, kekuatan itu menangkap dua orang dan melakukan 25 perintah pencarian.

Ramagem sekarang anggota parlemen federal dan calon wali kota di Rio de Janeiro, dengan pemilihan yang dijadwalkan pada bulan Oktober. Surat kabar setempat O Globo melaporkan bahwa putra Bolsonaro, Carlos, akan mengkoordinasikan media sosial Ramagem selama kampanyenya.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.