berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Mantan Menteri Keuangan Inggris Alistair Darling Meninggal Dunia pada Usia 70 Tahun

(SeaPRwire) –   Mantan Menteri Keuangan Inggris Alistair Darling, sosok sentral dalam respons Kerajaan Inggris terhadap krisis keuangan 2008 yang kemudian membantu mengorganisir kampanye melawan kemerdekaan Skotlandia, meninggal dunia. Ia berusia 70 tahun.

Darling telah dirawat dan meninggal di rumah sakit di Edinburgh, keluarganya mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Kamis. Ia menjabat sebagai Menteri Keuangan Inggris antara 2007 dan 2010 di bawah Perdana Menteri Buruh Gordon Brown, yang memuji Darling sebagai menteri pemerintah yang “populer dan efektif”.

Meskipun Darling memegang berbagai jabatan selama 28 tahun di Dewan Rakyat, ia kemungkinan akan diingat terutama karena pekerjaannya dalam memimpin keuangan negara selama krisis kredit global. Paket langkah-langkah yang diterapkannya dikreditkan telah mencegah terjadinya pergeseran yang jauh lebih dramatis setelah krisis tersebut mengancam sistem perbankan negara.

“Alistair akan diingat sebagai negarawan dengan integritas yang tidak dapat dipertanyakan yang hidupnya didefinisikan oleh rasa keadilan sosial yang kuat dan yang memperoleh reputasi global karena kompetensi yang pasti dan pelaksanaan pertimbangan yang dibawanya dalam menangani,” kata Brown.

Ketika Skotlandia mengadakan referendum tentang apakah akan keluar dari Kerajaan Inggris dan menjadi merdeka pada 2014, Darling ditunjuk sebagai ketua kampanye “Better Together”. Pemilih mendukung tetap berada di dengan margin 55% banding 45%.

Mantan pemimpin Partai Kemerdekaan Skotlandia Alex Salmond, yang memimpin kampanye pro-kemerdekaan dalam referendum, mengingat Darling sebagai “sosok sangat penting dalam politik Inggris Raya” dan “pria yang sangat sopan.”

Mantan Perdana Menteri Tony Blair, yang menunjuk Darling ke beberapa peran pemerintahan antara 1997 dan 2007, mengatakan Darling sangat mampu, meskipun rendah hati, tidak mencolok tetapi tidak boleh diremehkan, selalu baik hati dan bermartabat bahkan di bawah tekanan intensitas yang dapat dihasilkan politik.”

“Ia adalah tangan yang paling aman. Saya tahu ia dapat diberikan posisi apa pun di Kabinet dan dapat diandalkan,” tambah Blair.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.