berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Militer Israel melihat Perang Hamas berlanjut hingga akhir 2024: laporan

(SeaPRwire) –   Militer Israel meprediksi perang melawan Hamas akan terus berlanjut hingga akhir tahun 2024 dan bahkan mungkin hingga tahun 2025, demikian yang dikatakan pejabat intelijen Israel kepada wartawan pada hari Selasa. (IDF) saat ini terlibat dalam pertempuran paling dahsyat di sekitar kota Khan Younis, kota terbesar di selatan Gaza. Kepala intelijen Israel yang menyampaikan laporan kepada wartawan pada hari Selasa mengatakan IDF telah membunuh “setidaknya seperempat” dari kekuatan tempur Hamas yang diperkirakan berjumlah 35.000, dan setidaknya seperempat lainnya terluka, menurut Bloomberg.

Jaringan terowongan Hamas yang luas memungkinkan banyak pasukan dan pemimpinnya beroperasi meski sebagian besar wilayah tersebut dikuasai Israel.

Pejabat Israel mengatakan Israel masih jauh dari tujuan yang dinyatakannya untuk menangkap pemimpin dan cadangan amunisi Hamas dan menonaktifkan pangkalan militer serta terowongan Hamas, demikian yang dilaporkan Bloomberg.

Jaringan terowongan kota tersebut bahkan lebih luas daripada Kota Gaza di sebelah utara. Operasi Israel juga telah mengumpulkan banyak informasi intelijen tentang cara Hamas beroperasi, khususnya cara terkoordinasi untuk melancarkan serangan roket terhadap Israel.

Selama berminggu-minggu, Hamas tetap mampu melancarkan serangan ke Israel bahkan dari wilayah yang sebagian besar dikuasai Israel. Kepala intelijen menyatakan bahwa teroris Hamas, setelah diberi perintah, akan membawa detonator berjangka waktu ke tempat peluncuran yang telah disiapkan sebelumnya, menyiapkan roket, dan kemudian pergi. Beberapa saat kemudian, rentetan roket akan ditembakkan, menurut Bloomberg.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada awal Januari bahwa perang akan berlangsung “berbulan-bulan lagi,” dan berjanji bahwa Israel tidak akan mengalah hingga Hamas hancur.

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar masih buron, meskipun diyakini berada di suatu tempat di Khan Younis.

IDF juga merinci sebuah operasi di mana mereka meledakkan terowongan Hamas di bawah pemakaman.

Tentara Israel menyerbu sistem terowongan di lingkungan Bani Suheila di kota Khan Younis di selatan Gaza, menemukan bahan peledak, pintu geser, dan pintu antiledakan, kata IDF. Teroris masih berada di dalam, menurut laporan itu dan terbunuh.

Terowongan tersebut menampung kantor komandan Hamas, ruang operasi, dan tempat tinggal bagi anggota senior Hamas, menurut IDF. Disebutkan terowongan tersebut digunakan untuk merencanakan serangan terhadap militer, serta serangan mematikan pada tanggal 7 Oktober terhadap Israel.

Saat Israel bergerak maju dengan serangan darat dan udara, pejabat Hamas di wilayah yang terkepung itu mengatakan lebih dari 26.000 warga Palestina telah terbunuh.

‘ Stephen Sorace berkontribusi dalam laporan ini

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.