berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Nikmati masakan Italia: Bruschetta, pasta, gelato dan lainnya

(SeaPRwire) –   Italia, surga bagi para pencinta kuliner, mengundang Anda dalam perjalanan melalui keajaiban kulinernya.

Dari jalan-jalan berbatu di Roma yang bersejarah hingga pemandangan indah Tuscany, setiap kawasan menawarkan cita rasa yang beragam, menceritakan kisah tradisi kuliner dan bahan-bahan yang bersumber secara lokal. 

Berikut ini panduan untuk menjelajahi cita rasa otentik dari :

Di jantung Italia, Roma memiliki pemandangan kuliner yang memadukan sejarah dan cita rasa.

Jelajahi keajaiban kuliner Roma dengan hidangan-hidangan yang digemari seperti Cacio e Pepe, pasta yang memadukan keju pecorino dan lada hitam, dan pizza ala Romawi, yang terkenal dengan kulitnya yang tipis dan renyah. 

Pengunjung juga dapat menikmati pasar-pasar yang ramai di Roma, Campo de’ Fiori dan Testaccio Market, yang menyajikan berbagai hasil bumi segar, keju artisanal, dan rempah-rempah aromatik.

Tahukah Anda bahwa Fettuccine Alfredo berasal dari Roma?

Alfredo Di Lelio dianggap sebagai pencipta Fettuccine Alfredo modern. Cerita keluarga menyebutkan bahwa pada tahun 1892, Alfredo mulai bekerja di sebuah restoran yang terletak di Piazza Rosa, yang dikelola oleh ibunya, Angelina.

Masakan Tuscan mengutamakan kesederhanaan dan kualitas. Tanah yang subur di kawasan ini menghasilkan panen bahan-bahan lokal yang melimpah, yang menjadi dasar untuk menciptakan hidangan-hidangan yang ikonik.

Roti Tuscan, dengan kulitnya yang tidak diberi garam, menjadi dasar bagi “bruschetta” dan “ribollita” yang terkenal, sup kacang dan kale yang lezat.

Minyak zaitun, yang sering disebut sebagai emas cair, adalah permata di Tuscany. Minyak zaitun emas dari kawasan ini memperkaya hidangan dengan rasa sutra dan buah yang anggun, menyempurnakan mulai dari salad yang disiram minyak zaitun hingga rebusan yang dimasak dengan api kecil. 

Keju pecorino setempat, yang dibuat dari susu domba, memberikan cita rasa khas pada meja-meja makan Tuscan, yang cocok dipadukan dengan madu, buah-buahan segar, atau segelas anggur kelas dunia dari kawasan ini.

Berbicara tentang anggur, Tuscany menghasilkan beberapa anggur terbaik dunia, termasuk Chianti dan Brunello di Montalcino yang dihormati. Anggur menjadi bagian penting dari pengalaman bersantap di Tuscan, melengkapi hidangan khas kawasan ini seperti “bistecca alla fiorentina,” steak T-bone lezat yang dipanggang dengan sempurna.

Dengan bangga dianggap sebagai tempat kelahiran bahan-bahan Italia yang ikonik, Emilia-Romagna identik dengan Parmigiano-Reggiano, raja keju, Prosciutto di Parma, ham asap yang terkenal di dunia, dan Balsamic Vinegar. 

Pasta Emilia-Romagna sering disandingkan dengan ragù yang terkenal di kawasan ini, saus daging yang dimasak dengan api kecil yang memberikan kedalaman dan kekayaan pada setiap garpu.

Balsamic vinegar, yang disimpan dengan sempurna dalam tong-tong kayu, menambahkan nuansa manis dan tajam ke dalam hidangan, menyempurnakan salad, daging, dan bahkan makanan penutup. Kota Modena, khususnya, terkenal dengan balsamic vinegar yang luar biasa.

Nikmati hidangan seperti “piadina,” roti pipih tipis yang diisi dengan kelezatan gurih, atau “cappelletti,” parsel pasta lembut dengan isian yang beraroma.

“Kota universitas abad pertengahan Bologna adalah rumah bagi tiga gelateria peringkat teratas di Italia, di antaranya Cremeria Scirocco,” demikian disebutkan dalam situs web National Geographic.

 

Meskipun gelato berasal dari Florence selama Renaissance, kawasan Emilia-Romagna memiliki reputasi standar gastronomi yang tinggi, yang berarti ada kemungkinan lebih kecil untuk tertipu membeli gelato untuk turis, lanjut National Geographic. 

Jika Anda menemukan gelato yang ditumpuk tinggi, itu pertanda bahwa gelato tersebut tidak memenuhi standar dan kemungkinan besar mengandung udara yang berlebihan. Ini juga menunjukkan bahwa gelato tersebut tidak dibuat segar setiap hari. 

Gelateria terbaik hanya menyiapkan gelato yang cukup untuk penjualan harian, dan mereka bahkan mungkin menjual habis sebelum waktu tutup.

Makanan laut menjadi pusat perhatian dalam kuliner Venesia, yang mencerminkan kedekatan kota ini dengan Laut Adriatik. 

Dari “risotto al nero di seppia” yang lezat, yang diperkaya dengan tinta sotong, hingga “baccalà mantecato” yang lembut, olesan ikan kod yang dikocok, setiap hidangan memberikan penghormatan terhadap warisan maritim yang telah menopang kehidupan masyarakat Venesia selama berabad-abad.

Pasar Rialto di kota ini berdiri sebagai pusat kuliner yang semarak, tempat hasil bumi segar, makanan laut, dan makanan khas setempat mengundang penduduk setempat dan pengunjung.

Naples adalah tempat kelahiran pizza, dan pizza ikoniknya, dengan kulit yang tipis dan kenyal serta topping yang sederhana namun lezat, merupakan sebuah mahakarya kuliner yang diakui secara global. 

Margherita, yang dihiasi dengan tomat, mozzarella, basil, dan minyak zaitun, memberikan penghormatan kepada Ratu Margherita dari Savoy dan menangkap esensi dedikasi Naples terhadap bahan-bahan berkualitas.

Makanan laut memegang tempat penting dalam masakan Neapolitan, berkat kedekatan kota ini dengan Laut Tyrrhenian. 

“Spaghetti alle vongole,” yang menampilkan kerang, bawang putih, dan anggur putih yang lembut, mewujudkan kesederhanaan dan kesegaran yang menjadi ciri khas pendekatan Naples terhadap makanan laut. 

“Frittura di paranza,” campuran ikan kecil goreng yang lezat, adalah makanan jalanan yang renyah dan beraroma.

Perpaduan harmonis antara tradisi Yunani, Arab, Normandia, dan Spanyol, masakan Sisilia merupakan bukti sejarah wilayah tersebut.

Orang Sisilia dengan ahli menyiapkan hidangan seperti “pasta con le sarde,” pasta beraroma yang dipasangkan dengan sarden, adas liar, dan kacang pinus, yang menampilkan perpaduan yang mulus antara rasa manis dan gurih.

“Arancini”, bola nasi goreng emas yang sering diisi dengan ragù, kacang polong, dan mozzarella, melambangkan kecintaan Sisilia terhadap makanan jalanan. 

Camilan lezat ini, dengan bagian luarnya yang renyah dan isiannya yang beraroma, merupakan kuliner yang dinikmati oleh penduduk setempat dan pengunjung.

Buon viaggio e buon appetito!

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.