berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Penulis ‘Z’ Vassilis Vassilikos Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun di Athena

(SeaPRwire) –   Novelis Yunani Vassilis Vassilikos, yang buku politiknya “Z” memberi inspirasi untuk film Academy Award-winning dengan nama yang sama, meninggal Kamis di Athena pada usia 89 tahun.

Buku yang paling dikenal di antara puluhan buku yang ditulisnya, “Z” didasarkan pada pembunuhan anggota parlemen sayap kiri Yunani oleh sayap kanan pada tahun 1963.

Diterbitkan pada tahun 1966, buku ini diterjemahkan ke beberapa bahasa tetapi dilarang di Yunani oleh rezim kanan yang berkuasa dari 1967-74. Buku ini dengan cepat menjadi simbol perlawanan terhadap rezim.

Film tahun 1969 oleh sutradara Yunani Costa-Gavras memenangkan Academy Award untuk film berbahasa asing terbaik.

Vassilikos lahir pada 18 November 1934 di kota utara Kavala, dan belajar hukum, serta menyutradarai televisi. Ia diasingkan oleh rezim militer pada tahun 1967, dan tinggal di Prancis. Dari Juli 2019 hingga Mei 2023 ia menjabat sebagai anggota parlemen dengan partai kiri Syriza.

Menteri Kebudayaan Lina Mendoni memuji keterampilan naratif dan pemahaman Vassilikos tentang masyarakat Yunani.

“Dia adalah penulis yang pada dasarnya politik yang menggunakan keterampilan penulisannya untuk melayani keyakinannya,” katanya Kamis.

Vassilikos ditinggalkan oleh istrinya, sopran Yunani Vaso Papantoniou, dan putrinya. Tidak ada pengaturan pemakaman yang segera diumumkan ke publik.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.