berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Presiden Prancis Macron Tiba di India, di mana Ia Akan Jadi Tamu Kehormatan pada Perayaan Hari Nasional

(SeaPRwire) –   NEW DELHI (AP) — Presiden Prancis tiba Kamis di India dimana ia bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi dan dijadwalkan menjadi tamu kehormatan pada perayaan hari nasional negara tersebut.

memulai kunjungan dengan beberapa wisata di kota barat Jaipur, tujuan wisata populer, dimana ia mengunjungi benteng abad ke-17 dan observatorium abad ke-18.

Modi menyambutnya di observatorium dan keduanya berdiri di jeep terbuka saat mereka dibawa selama kurang lebih 1,5 kilometer (satu mil). Kerumunan besar yang mengisi jalan menyambut mereka dengan guyuran kelopak mawar dan bunga krisan.

Potongan besar gambar mereka dengan tulisan “Persahabatan India-Prancis” bertebaran di sepanjang rute. melambai ke kerumunan.

“Kehadirannya tidak hanya memperkuat tali persahabatan antara negara kami tetapi juga menambah bab penting dalam sejarah bersama persahabatan dan kolaborasi kami,” kata Modi di X, dulu dikenal sebagai Twitter.

Macron dan Modi kemudian mengadakan pertemuan di sebuah hotel di Jaipur sebelum terbang ke New Delhi. Tidak ada pernyataan resmi segera tentang hasil pertemuan, tetapi mereka diperkirakan membahas tantangan global utama termasuk ekonomi, pertahanan, ruang angkasa dan keamanan siber, serta peran Prancis di kawasan Indo-Pasifik.

Prancis mencari memperkuat kerja sama dengan India di bidang yang berkisar dari iklim hingga penjualan militer, terlepas dari ketegangan atas sikap kedua negara terhadap perang Rusia terhadap Ukraina.

“Macron berkomitmen untuk melanjutkan dialog yang lebih dekat dengan India, pemain kunci di panggung internasional dari sudut pandang demografi, serta ekonomi, ilmiah dan diplomatik,” kantornya mengatakan dalam sebuah pernyataan Rabu.

Prancis telah mengulangi komitmennya terhadap hubungan pertahanan dengan India, termasuk berbagi teknologi. Kedua negara bekerja pada proyek pertahanan bersama pengembangan dan produksi, Kementerian Luar Negeri India mengatakan.

Kedua pemimpin diharapkan melanjutkan diskusi tentang rencana India untuk membeli 26 pesawat tempur Rafale Prancis untuk angkatan lautnya, disetujui oleh Dewan Akuisisi Pertahanan India tahun lalu. Dewan juga menyetujui rencana untuk membeli tiga kapal selam Scorpene, dikembangkan bersama oleh Prancis dan Spanyol.

sudah mengirimkan 36 pesawat tempur Rafale yang dipesan oleh Angkatan Udara India.

Tiga menteri bepergian dengan Presiden: Sébastien Lecornu, Menteri Angkatan Bersenjata; Stéphane Sejourne, Menteri untuk Eropa dan Urusan Luar Negeri; dan Rachida Dati, Menteri Budaya.

Jumat, Macron akan menjadi tamu kehormatan pada parade hari Republik India di New Delhi merayakan ulang tahun adopsi konstitusi negara itu pada tahun 1950, hampir tiga tahun setelah meraih kemerdekaan dari kekuasaan kolonial Inggris.

Modi adalah tamu kehormatan pada parade Bastille Day di Paris Juli tahun lalu, dimana Macron menyebut India sebagai pemain kunci “di masa depan kami.”

Macron mengunjungi India November untuk KTT Grup Dua Puluh negara industri dan berkembang.

Ekspor India ke Prancis total $3,06 miliar dan impor dari Prancis $2,36 miliar tahun lalu, menurut Kementerian Luar Negeri India.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.