berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Republik Ceko maju undang-undang senjata api yang lebih ketat ke Senat menyusul penembakan massal terburuk negara

(SeaPRwire) –   Parlemen rumah rendah Republik Ceko pada Jumat menyetujui amandemen terhadap undang-undang senjata api negara itu yang memperketat persyaratan memiliki senjata lebih dari sebulan setelah terjadinya pembunuhan massal terburuk dalam sejarah bangsa.

Legislasi ini sekarang akan dibawa ke Senat dan jika disetujui di sana harus kemudian ditandatangani oleh Presiden Petr Pavel sebelum menjadi undang-undang.

Pada 22 Desember, seorang penembak tunggal membunuh 14 orang dan melukai puluhan orang sebelum bunuh diri di sebuah gedung Universitas Charles di pusat kota Prague. Pelaku adalah mahasiswa berusia 24 tahun yang memiliki ketertarikan terhadap senjata api, dengan lisensi untuk memiliki delapan senjata, termasuk dua senjata panjang. Otoritas mengatakan dia tidak memiliki catatan kriminal dan karenanya tidak menarik perhatian otoritas.

Debat parlemen tentang legislasi ini sudah dimulai sebelum penembakan itu terjadi. Menteri Dalam Negeri Vit Rakusan mengatakan sulit untuk menduga apakah aturan baru itu akan mencegahnya jika sudah berlaku sebelum terjadinya insiden.

Di Dewan Rendah beranggotakan 200 kursi, para anggota menyetujui perubahan dengan suara 151-0. Jika disetujui oleh Senat, dimana koalisi pemerintah mayoritas, dan ditandatangani oleh Presiden Petr Pavel, maka akan memungkinkan bagi otoritas untuk menyita senjata dari pemilik pribadi untuk alasan pencegahan.

Juga termasuk persyaratan untuk melaporkan ke polisi pembelian senjata dan amunisi yang mencurigakan dan memberikan akses dokter ke basis data untuk mengetahui apakah pasien mereka memiliki senjata api.

Pemilik senjata harus menjalani pemeriksaan medis setiap lima tahun, bukan setiap 10 tahun seperti sekarang.

Di negara dengan jumlah penduduk 10,9 juta orang, 314.000 orang memiliki lisensi senjata api pada akhir 2022 dan memiliki hampir satu juta senjata berbagai jenis.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.