berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Topan Norma Mendekat ke Resor Los Cabos di Meksiko

Warga Los Cabos, resor Meksiko, bergegas mempersiapkan diri Jumat saat Badai Norma menuju ujung selatan Semenanjung Baja California Meksiko, sementara di Samudera Atlantik, Tammy berkembang menjadi badai topan dan mengancam akan melanda Kepulauan Leeward.

Pusat Badai Topan Nasional AS mengatakan Badai Tropis Tammy telah berkembang menjadi badai topan, dengan angin sekuat 75 mph. Peringatan badai dikeluarkan untuk pulau-pulau Guadeloupe, Antigua, Barbuda, Montserrat, St. Kitts dan Nevis, St. Martin, St. Barthelemy, Anguilla dan St. Maarten.

Kedua badai topan diperkirakan akan mendekati daratan pada Sabtu, tetapi hujan diperkirakan akan mulai mengguyur Jumat malam.

Pusat Badai Topan mengatakan Norma memiliki kecepatan angin maksimum yang berkelanjutan sebesar 110 mph dan berada sekitar 220 mil selatan Cabo San Lucas. Badai Kategori 2 ini bergerak ke arah barat laut dengan kecepatan 8 mph.

Di marina di Cabo San Lucas, José Ceseña mengangkut perahu yang biasa digunakannya untuk mengantar wisatawan dalam tur keluar dari air.

Dengan pelabuhan ditutup dan badai yang datang, Ceseña mengatakan tidak layak mengambil risiko terhadap kapalnya.

Hotel-hotel di Los Cabos, yang sebagian besar dikunjungi wisatawan asing, tetap terisi sekitar tiga perempat dan tidak ada perpindahan besar-besaran wisatawan untuk meninggalkan tempat itu, menurut sekretaris pariwisata negara bagian Baja California Sur Maribel Collins.

Asosiasi hotel setempat memperkirakan masih ada sekitar 40.000 wisatawan yang masih berada di Cabo San Lucas dan San Jose del Cabo pada Jumat.

Pemerintah menempatkan 500 marinir di resor untuk membantu persiapan badai. Pejabat kota Los Cabos mengatakan hingga 44 tempat pengungsian darurat dapat dibuka jika diperlukan, dan evakuasi akan dimulai di beberapa wilayah rendah yang jauh dari zona wisata pantai.

Peringatan badai dikeluarkan untuk ujung selatan Semenanjung Baja California, dan lintasan ramalan akan membawa Norma menuju negara bagian pantai Pasifik Meksiko Sinaloa sebagai badai tropis.

Pelabuhan pantai Pasifik Manzanillo juga ditutup untuk kapal kecil sebagai tindakan pencegahan, dan pemerintah negara bagian Baja California Sur membatalkan beberapa kelas.

Norma diperkirakan akan terus melemah Jumat saat mendekati daratan.

Ahli khusus Pusat Badai Topan Nasional John Cangialosi mengatakan badai itu diperkirakan akan terus bergerak ke utara pada Sabtu tetapi kemudian melambat menjadi bergerak lambat “dan seharusnya hanya berada di dekat bagian selatan Semenanjung Baja California.”

Kecemasan terutama jika badai melambat daripada lewat dengan cepat adalah angin kuat dan hujan lebat, katanya.

Di Samudera Atlantik, Badai Topan Tammy berada 145 mil tenggara pulau Karibia Martinique dan bergerak barat laut dengan kecepatan 7 mph.

Tammy diperkirakan akan tetap berstatus badai topan saat bergerak menuju Kepulauan Leeward hingga Sabtu saat melewati Guadeloupe, Antigua dan Barbuda. Baik Martinique maupun Guadeloupe adalah departemen seberang laut Prancis.