berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Apakah Palladium Bisa Memulihkan Diri?

Palladium Investment

(SeaPRwire) –   Pada bulan Maret 2022, kontrak berjangka palladium NYMEX mencapai rekor tertinggi sebesar $3.380,50 per ons. Namun, per tanggal 26 Januari 2024, harga tersebut telah merosot 71,3% menjadi $969 per ons, mencerminkan periode yang menantang bagi palladium. ETF PALL, yang secara ketat melacak harga palladium, mengalami penurunan sebesar 8,8% menjadi $88,55 pada tanggal 29 Januari. Penurunan logam tersebut berlanjut hingga akhir Januari 2024, menciptakan

Kinerja pada 2023

Palladium muncul sebagai logam mulia terburuk yang diperdagangkan di divisi NYMEX dan COMEX CME pada 2023. Memulai tahun pada harga $1.798 per ons, kontrak berjangka palladium NYMEX merosot 38,3%, menetap pada $1.109,30 pada tanggal 29 Desember 2023. Penurunan ini berbeda tajam dengan kinerja logam mulia lainnya seperti emas (+13,4%), perak (+0,2%), dan platinum (-7,3%). Selain itu, rhodium, yang tidak diperdagangkan melalui kontrak berjangka, mengalami penurunan sebesar 62% pada 2023.

Akhir dari Bull Market

Setelah bull market yang kuat dari tahun 2008 hingga 2022, pasar palladium menghadapi perubahan nasib. Harga logam tersebut mengalami kenaikan yang luar biasa, mencapai rekor tertinggi pada bulan Maret 2022 di tengah ketegangan geopolitik yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina. Namun, palladium kehilangan momentum kenaikannya, jatuh di bawah level $1.000 per ons pada akhir 2023 dan Januari 2024 untuk pertama kalinya sejak 2018.

Peran Kritis Rusia

Rusia berperan sebagai pemasok palladium global utama, menyumbang sebagian besar pasokan tahunan, bersama dengan Afrika Selatan. Bersama-sama, mereka menyumbang 80% produksi palladium dunia. Pada 2022, total produksi palladium dunia mencapai 210 ton metrik, dengan Rusia memproduksi 88 ton dan Afrika Selatan menyumbang 80 ton. Ketiadaan palladium dan platinum, keduanya logam vital, ditambah dengan rendahnya partisipasi di pasar berjangka, menghasilkan volume harian yang terbatas dibandingkan dengan komoditas yang lebih likuid seperti emas dan perak.

Permintaan Industri

Ketegasan dan ketahanan panas palladium menjadikannya tak ternilai dalam katalis yang membersihkan lingkungan, khususnya dalam konverter katalitik kendaraan bermotor. Pada 2022, sistem ekzos kendaraan mengkonsumsi 82% dari total konsumsi palladium. Aplikasi industri meliputi kedokteran gigi, perhiasan, elektronik, penyimpanan hidrogen, alat bedah, dan lain-lain. Pasar palladium global mengalami defisit pasokan pada 2022, kemungkinan ditutupi penjualan cadangan strategis, khususnya dari Rusia.

Volatilitas di Pasar Palladium

Rendahnya likuiditas palladium di pasar berjangka berkontribusi pada volatilitas harga yang ekstrem. Membandingkan open interest di antara pasar berjangka logam mulia, palladium memiliki nilai terendah, menunjukkan popularitasnya yang lebih rendah di antara para pedagang. Ketidaklikuidan ini memicu lonjakan dan penurunan harga. Pasar yang tidak likuid, seperti palladium, cenderung mengalami volatilitas yang lebih tinggi, dengan harga kadang menyimpang dari analisis fundamental dan teknikal.

Prospek dan Strategi Investasi

Meskipun tren palladium tetap berada di zona merah pada awal 2024, terdapat potensi pemulihan harga yang signifikan ketika logam tersebut menemukan dasarnya. Penulis menyarankan untuk membeli secara bertahap palladium di bawah level $1.000, menggunakan pasar fisik dan Aberdeen Physical Palladium ETF (PALL), yang dikenal secara efektif melacak pergerakan harga palladium melalui kepemilikan palladium fisik. Pendekatan ini memungkinkan fleksibilitas untuk menambah posisi lebih lanjut jika harga mengalami penurunan yang tidak rasional. Hal ini menekankan kehati-hatian dan pendekatan strategis yang diperlukan dalam menavigasi dinamika kompleks pasar palladium.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.