berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Caterpillar versus Saham Deere: Mengevaluasi Investasi yang Lebih Baik untuk 2024 dalam Saham Peralatan Konstruksi & Pertanian

Caterpillar Stock

(SeaPRwire) –   Peralatan pertanian dan konstruksi, yang dicontohkan Caterpillar (NYSE:CAT) dan Deere & Company (NYSE:DE), telah mengungguli pasar secara signifikan selama dua dekade terakhir. Saham Caterpillar telah melonjak lebih dari 1.200% sejak Februari 2004, disesuaikan dengan dividen, sementara saham Deere telah menghasilkan 1.740% selama periode yang sama.

Namun, kinerja masa lalu bukanlah satu-satunya faktor penentu bagi investor saat ini dan calon investor. Mari kita menganalisis raksasa-raksasa kapitalisasi besar mana yang tampaknya menjadi peluang investasi yang lebih menarik saat ini.

Alasan Investasi Saham Caterpillar

Dengan kapitalisasi pasar sebesar $164,7 miliar, Caterpillar adalah produsen dan distributor peralatan konstruksi dan pertambangan, mesin diesel dan gas alam off-highway, turbin gas industri, dan lokomotif diesel-listrik. Pada Q4 tahun 2023, Caterpillar melaporkan laba sebesar $17,07 miliar, meningkat 13% tahun-ke-tahun, dengan laba per saham yang disesuaikan melampaui estimasi pada $5,23.

Caterpillar mengakhiri Q4 dengan margin operasi sebesar 18,4%, jauh lebih tinggi dibandingkan periode tahun lalu yaitu 10,1%. Basis laba yang kuat dari perusahaan memungkinkan mereka untuk melaporkan aliran kas operasi sebesar $12,9 miliar pada tahun 2023, memfasilitasi pengembalian $7,5 miliar kepada pemegang saham melalui dividen dan pembelian kembali dalam 12 bulan terakhir.

Dengan tumpukan pesanan sebesar $27,5 miliar, Caterpillar mengantisipasi pertumbuhan penjualan yang marjinal hingga $67,6 miliar pada tahun 2024, didukung oleh permintaan yang sehat di sebagian besar pasar akhir. Meskipun latar belakang ekonomi makro yang tidak pasti, perusahaan meningkatkan panduan profitabilitas untuk tahun ini dan mengharapkan arus kas bebas antara $5 miliar dan $10 miliar.

Dengan harga 15,4 kali laba masa depan, Caterpillar menawarkan valuasi yang wajar, terutama mengingat perkiraan pertumbuhan laba tahunan sebesar 12,6% selama lima tahun ke depan. Selain itu, perusahaan memberikan dividen tahunan sebesar $5,20 per saham, yang mencerminkan yield sebesar 1,6%, dengan pertumbuhan tahunan yang konsisten sebesar 10% selama dua dekade terakhir.

Alasan Investasi Saham Deere

Dengan kapitalisasi pasar sebesar $108,1 miliar, Deere memproduksi dan mendistribusikan peralatan di berbagai sektor seperti pertanian, konstruksi, kehutanan, dan perawatan rumput. Didirikan pada tahun 1837, Deere telah melewati banyak penurunan ekonomi, yang menunjukkan ketangguhan arus kasnya.

Pada Q4 tahun fiskal 2023, Deere melaporkan laba yang disesuaikan sebesar $8,26 per saham, melebihi estimasi. Namun, saham tersebut mengalami penurunan setelah angka Q3 karena perusahaan memperkirakan pendapatan bersih yang lebih rendah untuk fiskal 2024 dibandingkan dengan 2023. Seperti perusahaan sektor konstruksi lainnya, manajemen Deere mengantisipasi volume penjualan untuk beralih dari puncak siklus baru-baru ini ke level siklus menengah di tahun mendatang.

Deere membayar dividen kuartalan sebesar $1,47 per saham, yang menawarkan yield sebesar 1,5%, dengan pertumbuhan pembayaran tahunan rata-rata 12,5% sejak tahun 2004.

Prospek Analis

Dari 20 analis yang meliput Caterpillar, pendapat terbagi, dengan 7 menganjurkan “beli kuat”, 1 menyarankan “beli moderat”, 10 merekomendasikan “tahan”, dan 2 menyarankan “jual kuat.” Harga目標 rata-rata untuk Caterpillar adalah $271,42, sekitar 16% di bawah harga perdagangan saat ini.

Untuk Deere, 11 analis merekomendasikan “beli kuat”, 1 menyarankan “beli moderat”, dan 8 menyarankan “tahan”. Harga target rata-rata untuk Deere adalah $428,33, yang mewakili peningkatan 13,8% dari harga perdagangan saat ini.

Kesimpulan

Meskipun Caterpillar dan Deere sama-sama menawarkan peluang investasi yang menarik, dengan Deere yang menunjukkan sentimen analis dan potensi apresiasi target harga yang sedikit lebih menguntungkan, investor harus melakukan uji tuntas menyeluruh untuk menyelaraskan dengan tujuan investasi dan toleransi risiko mereka.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.