berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

ECB Saran Melawan Penambahan Pengendalian Permintaan untuk Mengatasi Inflasi

Piero Cipollone, Anggota Dewan Eksekutif Bank Sentral Eropa (ECB), menekankan bahwa ECB tidak perlu menerapkan langkah-langkah lanjutan untuk mengekang permintaan untuk . Keterangan Cipollone menunjukkan bahwa suku bunga tidak memerlukan kenaikan tambahan.

(SeaPRwire) –   Dalam komentar publik perdananya mengenai kebijakan moneter sejak menjabat pada bulan November, pejabat Italia tersebut mengindikasikan bahwa perekonomian zona euro yang sedang berjuang dapat menyaksikan pemulihan tanpa kenaikan harga yang sesuai.

Di Brussels pada hari Senin, Cipollone menekankan bahwa dengan permintaan yang tetap tertahan dan ekspektasi inflasi yang berlabuh kuat, tidak ada kebutuhan mendesak bagi kebijakan moneter untuk mengenalkan kelonggaran tambahan guna mengendalikan inflasi. Ia mencatat bahwa normalisasi guncangan pasokan memberikan kesempatan bagi permintaan untuk pulih tanpa memperparah inflasi.

Kebanyakan pembuat kebijakan mengindikasikan potensi pemotongan suku bunga pada bulan April atau Juni karena inflasi menunjukkan tanda-tanda penurunan. Waktunya bergantung pada pencapaian target inflasi 2%, sebuah tonggak sejarah yang diantisipasi ECB tidak akan tercapai hingga tahun berikutnya.

Gubernur bank sentral Italia Fabio Panetta memberikan kesan di akhir pekan bahwa waktu untuk pelonggaran kebijakan segera tiba, dengan menyebutkan kemajuan pesat menuju target inflasi. Namun, anggota Dewan Pemerintahan yang lebih hawkish, termasuk Isabel Schnabel, telah mengadvokasi kesabaran dan memperingatkan terhadap pemotongan suku bunga yang terburu-buru.

Penggerak utama inflasi, seperti upah dan laba, berada dalam pengawasan ketat oleh para pejabat. Menurut indikator ECB terkini yang diungkapkan minggu lalu, pertumbuhan upah di kawasan euro tetap tinggi tanpa mencapai titik balik.

Cipollone mencatat bahwa penurunan harga energi saat ini menghadirkan peluang untuk potensi kenaikan upah, terutama jika laba kembali ke level standar. Namun, interaksi unsur-unsur ini pada akhirnya akan menentukan keberlanjutan keselarasan inflasi dengan target ECB. Oleh karena itu, strategi berbasis data sangat penting ketika ECB menilai keputusan kebijakan moneter yang akan datang.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.