berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Perbandingan Saham Petco vs. Chewy: Potensi Investasi di Tengah-tengah Kesulitan Saham

Chewy Stock

(SeaPRwire) –   Di tengah hari kejayaan industri perawatan hewan yang mulai memudar selama pandemi, investor dihadapkan pada dilema memilih antara (NASDAQ: WOOF) dan Chewy (NYSE: CHWY). Kedua perusahaan ini mengalami penurunan saham yang signifikan selama setahun terakhir, dengan Petco menempati daftar kinerja yang buruk, turun 22 persen lebih banyak dari Chewy.

Kinerja Petco yang Mengecewakan Setelah IPO

Petco melakukan IPO pada Januari 2021 dengan harga saham $18 per lembar, dan sejak itu, saham WOOF mengalami penurunan 85% dalam 36 bulan setelah IPO. Kinerja yang suram ini meninggalkan investor IPO Petco sangat kecewa dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang berinvestasi di Chewy. Meskipun kinerja saham yang mengecewakan, tampaknya perusahaan ekuitas swasta yang bertanggung jawab untuk membawa kedua bisnis ini melantai bursa mungkin telah memperoleh keuntungan.

Menelusuri sejarah IPO Petco mengungkapkan perjalanan yang berliku-liku dengan beberapa upaya. Setelah IPO pertamanya pada tahun 1994, diikuti IPO kedua pada tahun 2002, Petco akhirnya diambil alih secara pribadi oleh TPG dan Leonard Green. Perusahaan berganti tangan beberapa kali hingga dijual kepada CVC Capital Partners dan Canadian Pension Plan Investment Board pada tahun 2015 dengan nilai $4,6 miliar. Pemilik terakhir yang membawa Petco melantai bursa pada tahun 2021 mempertahankan 81% kontrol suara tetapi menghadapi tantangan karena nilai sahamnya merosot.

Cerita Chewy dan Ketahanan Pasca-IPO

Chewy, di sisi lain, melakukan IPO pada Juni 2019 dengan harga saham $22 per lembar dan mengalami penurunan lebih terukur sebesar 10% dalam 55 bulan. Diakuisisi oleh PetSmart senilai $3,35 miliar pada tahun 2017, Chewy dilantarkan ke bursa untuk mengurangi sebagian utang PetSmart. Meskipun awal yang berliku, BC Partners, konsorsium ekuitas swasta yang memimpin akuisisi PetSmart, telah melihat nilai saham Chewy mereka meningkat signifikan.

Meskipun kinerja saham Chewy relatif lebih baik daripada Petco, penting untuk dicatat marjin laba operasinya sebesar 1,2%, yang masih memberi ruang untuk perbaikan. Analis tetap terbagi pendapat tentang dua saham ini, dengan 12 dari 20 yang mengikuti CHWY memberi peringkat Membeli, memperkirakan kenaikan 25%, sementara hanya lima dari 14 yang mengikuti WOOF memberi peringkat Membeli dengan harga target $3,38, mewakili kenaikan 28% dari nilai saat ini.

Untuk kesimpulan, jika dipaksa memilih antara Petco dan Chewy, Chewy muncul sebagai pilihan yang lebih menguntungkan, meskipun kekhawatiran tentang marjin labanya yang masih berlanjut. Pada akhirnya, kedua saham ini menggarisbawahi tantangan di sektor perawatan hewan, menyarankan bahwa mungkin ada alternatif yang lebih baik bagi investor yang mencari peluang di industri ini.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.