berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Saham ASML Mengambil Alih Kekuasaan Hampir Monopoli dalam Boom Semikonduktor

ASML Stock

(SeaPRwire) –   Industri semikonduktor yang memasuki 2024 dengan optimisme baru melihat titik balik di pasar senilai $600 miliar, karena kembali pulih ke $48 miliar pada bulan November, menandakan kenaikan tahunan dan kuartalan pertama dalam lebih dari setahun. Asosiasi Industri Semikonduktor (SIA) mengantisipasi peningkatan yang kuat pada tahun 2024, memproyeksikan kenaikan pendapatan global sebesar 13% menjadi $588 miliar. Di tengah pertumbuhan ini, beberapa perusahaan chip terpilih, termasuk Nvidia (NASDAQ:NVDA), Taiwan Semiconductor Manufacturing (NYSE:TSM), dan Super Micro Computer (NASDAQ:SMCI), telah mengalami kenaikan yang tidak proporsional karena melonjaknya permintaan chip AI.

Namun, ada satu perusahaan yang menonjol dalam ledakan chip AI ini—ASML Holdings (NASDAQ:ASML). Sebagai perusahaan teknologi paling berharga di Eropa, ASML memegang posisi monopoli sebagai satu-satunya produsen peralatan yang dibutuhkan untuk memproduksi semikonduktor canggih. Saham perusahaan baru-baru ini mencapai rekor tertinggi, yang mencerminkan peningkatan signifikan dalam pesanan, bahkan di tengah setahun utilisasi kapasitas produksi semikonduktor yang menurun.

Posisi pasar ASML yang unik terlihat jelas dalam kinerja keuangannya yang luar biasa. Dengan pesanan melonjak ke rekor $9,98 miliar pada kuartal keempat, didorong oleh permintaan untuk mesin litografi ultraviolet ekstrem (EUV) mutakhir, ASML menonjol sebagai pemain kunci dalam lanskap chip AI. Klien penting seperti Intel, Samsung Electronics, dan Taiwan Semiconductor berkontribusi terhadap lonjakan pesanan ini.

CEO Peter Wennick menekankan peran penting kecerdasan buatan dalam mendorong pertumbuhan bisnis, terutama menyoroti permintaan untuk chip memori berkinerja tinggi yang penting untuk membuka potensi penuh AI. Wennick juga menekankan urgensi bagi pembuat chip untuk mengamankan sistem litografi EUV ASML, mengingat waktu tunggu yang lama untuk memproduksi dan mengirimkan sistem ini.

Investor memperhatikan posisi dominan ASML, dengan saham perusahaan melonjak ke rekor tertinggi. Peran ASML di garis depan ledakan kecerdasan buatan terlihat jelas dalam bisnis memori bandwidth tinggi, yang didorong oleh meningkatnya permintaan infrastruktur AI. Meskipun sahamnya mungkin tampak mahal dalam pandangan satu tahun, diperdagangkan pada 40 kali pendapatan tahun berikutnya, rasionya menurun ke tingkat historis ketika mempertimbangkan pendapatan tahun 2025, tahun yang diantisipasi akan membawa pertumbuhan “sangat signifikan”.

Taruhan strategis ASML pada ledakan chip baru pada tahun 2025 tampaknya beralasan, sebagaimana dibuktikan oleh pesanan kuartal keempat yang besar secara tak terduga yang mendukung sekitar setengah dari proyeksi pendapatan tahun 2025. Fokus perusahaan pada mesin EUV terbarunya, dengan mesin High NA mendatang dengan biaya lebih dari $300 juta, diperkirakan dapat meningkatkan margin kotor sekitar 300 basis poin pada tahun 2025.

Terlepas dari valuasinya yang tampaknya tinggi, ASML tetap kompetitif dibandingkan dengan para pendukung kunci AI ketika memperhitungkan pertumbuhan pendapatan tiga tahun ke depan. Posisi nyaris monopolistiknya dalam litografi canggih, ditambah dengan teknologi yang penting untuk memproduksi chip pendukung AI canggih, memposisikan ASML untuk pertumbuhan jangka panjang yang kuat. Dominasi perusahaan semakin diperkuat oleh pangsa pasar yang tinggi dalam sistem litografi DUV yang kurang canggih, yang dikenal sebagai pekerja keras industri semikonduktor.

Ke depannya, dominasi ASML dalam litografi, ditambah dengan kurangnya pesaing EUV yang terlihat, memposisikan perusahaan untuk kemajuan lebih lanjut pada tahun 2025. Dengan pangsa pasar yang kuat dan mesin yang mampu bertahan lebih dari 30 tahun, ASML siap untuk memanfaatkan megatren AI dan elektrifikasi, menjadikannya penerima manfaat utama dalam industri chip yang berkembang. Investor disarankan untuk mempertimbangkan pembelian ASML hingga $887 per saham, mengantisipasi kinerjanya yang melampaui pasar semikonduktor yang lebih luas, berkat posisi kompetitifnya yang kuat.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.