berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Saham Broadcom Melonjak 100% pada Tahun 2023 – Apakah Ada Kenaikan Lagi pada Tahun 2024?

Broadcom-Stock

(SeaPRwire) –   Broadcom (NASDAQ:AVGO), sebuah perusahaan teknologi global terkemuka, menunjukkan kinerja yang mengesankan tahun lalu, dengan sahamnya melonjak hampir 100%, melampaui kenaikan Nasdaq Composite yang didominasi teknologi sebesar 44,5%. Bisnis perusahaan ini meliputi semikonduktor dan perangkat lunak infrastruktur, yang berkontribusi pada lintasan pertumbuhan yang kuat.

Perlu dicatat, Broadcom tidak hanya menyaksikan ekspansi pendapatan dan keuntungan yang pesat, tetapi juga telah secara strategis memperoleh aset untuk meningkatkan jajaran produknya di tahun-tahun mendatang. Dengan penutupan yang kuat pada fiskal 2023 dan prospek yang menjanjikan untuk fiskal 2024, minat investor terhadap saham AVGO telah mendorong peningkatan 9,2% sepanjang tahun.

Industri semikonduktor, di tengah booming kecerdasan buatan (AI), menarik optimisme dari Wall Street. Mari kita telusuri apakah Wall Street mengantisipasi kenaikan Broadcom yang berkelanjutan pada tahun 2024.

Di Luar Semikonduktor, Merangkul Inovasi Teknologi yang Beragam

Sementara Broadcom memperoleh sebagian besar pendapatannya dari operasi semikonduktor, perusahaan ini juga membanggakan kehadiran yang signifikan dalam perangkat lunak infrastruktur. Meskipun demikian, CAGR (Compound Annual Growth Rate) semikonduktor yang mengesankan sebesar 18% selama tiga tahun terakhir telah berperan penting dalam mendorong pertumbuhan pendapatannya.

Dari tahun fiskal 2015 hingga tahun fiskal 2023, Broadcom menyaksikan CAGR yang luar biasa sebesar 20% dalam pendapatan bersih dan 15,5% dalam keuntungan. Angka-angka ini menjelaskan peningkatan yang mengejutkan sebesar 1.914% dalam harga saham AVGO selama dekade terakhir.

Sebelum tahun 2020, Broadcom secara strategis mengakuisisi Symantec’s Enterprise Security Business dan CA Technologies untuk mendukung segmen perangkat lunak infrastrukturnya. Selanjutnya, perusahaan ini relatif tenang di bidang akuisisi hingga tahun lalu, ketika mengakuisisi perusahaan perangkat lunak awan VMware seharga $61 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Selama tiga tahun ke depan, akuisisi ini diproyeksikan akan meningkatkan pendapatan perangkat lunak infrastruktur sebesar 49% dan menghasilkan EBITDA pro forma sebesar $8,5 miliar.

Pada tahun fiskal 2023, segmen Solusi Semikonduktor menyaksikan pertumbuhan pendapatan sebesar 9% menjadi $28,1 miliar, yang merupakan 79% dari total pendapatan, sementara pendapatan perangkat lunak infrastruktur mengalami peningkatan 3% tahun-ke-tahun. Secara keseluruhan, total pendapatan Broadcom meningkat dari $33,2 miliar menjadi $35,8 miliar pada tahun fiskal 2023, dengan pendapatan per saham yang dilusian melonjak sebesar 24% menjadi $32,98 per saham.

Dengan dimasukkannya akuisisi VMware, manajemen mengantisipasi pendapatan konsolidasi akan mencapai sekitar $50 miliar pada tahun fiskal 2024, menandai peningkatan 40% tahun-ke-tahun. Meskipun integrasi diharapkan akan menimbulkan biaya transisi setidaknya $1 miliar selama setahun, EBITDA yang disesuaikan diperkirakan akan mencakup 60% dari pendapatan yang diproyeksikan.

Analis memperkirakan pertumbuhan pendapatan sebesar 39% menjadi $49,8 miliar dan peningkatan keuntungan sebesar 11% menjadi $46,91 per saham untuk fiskal 2024.

Menavigasi Lintasan Masa Depan untuk Saham Broadcom

Broadcom menyajikan proposisi yang menarik untuk para investor yang berorientasi pada pertumbuhan dan pendapatan karena perusahaan ini juga berfungsi sebagai saham dividen, membanggakan dividen kuartalan dengan hasil 1,9%, melampaui rata-rata sektor teknologi sebesar 1,4%. Di samping hasil kuartalannya, perusahaan ini mengumumkan kenaikan 14% dalam dividen kuartal menjadi $5,25.

Neraca perusahaan yang kuat mencatat $14 miliar dalam bentuk tunai dan setara kas pada akhir tahun fiskal, ditambah dengan arus kas bebas sebesar $17,6 miliar, yang siap mendukung pembayaran dividen masa depan dan investasi AI.

Dengan pertumbuhan arus kas bebas yang sehat dan rasio pembayaran dividen sebesar 37%, potensi pertumbuhan dividen selaras dengan ekspansi pendapatan.

Analis mengantisipasi kenaikan 10% dalam pendapatan dan peningkatan 19% dalam keuntungan untuk fiskal 2025. Saat ini, AVGO diperdagangkan pada 22 kali pendapatan 2025 dan 10 kali penjualan mendatang, menyajikan valuasi yang wajar dibandingkan dengan rekan-rekannya di industri semikonduktor.

Sentimen Analis terhadap Broadcom

Saham Broadcom memperoleh peringkat konsensus “beli kuat” dari para analis, dengan 20 dari 24 analis memberi peringkat seperti itu, sementara empat analis lainnya memberi peringkat sebagai “tahan.”

Setelah hasil Q4, AVGO telah melampaui harga target rata-rata $1.140,98. Harga target tinggi $1.325 menunjukkan potensi kenaikan 8,5% dari level saat ini.

Kesimpulan

Portofolio produk Broadcom yang beragam, ditambah dengan kemajuan dalam AI dan akuisisi strategis, memposisikan perusahaan ini untuk pertumbuhan yang luar biasa di tahun-tahun mendatang. Dengan valuasinya yang wajar, investor mungkin menganggap saham pertumbuhan dan pendapatan ini menarik untuk kepemilikan jangka panjang.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.