berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Saham Emas: Pembelian di Bawah USD2,000 Membuat Cerdas?

Gold Stock

(SeaPRwire) –   Pada tahun 2024, emas memperingati tahun ke dua puluh lima sejak mencapai titik terendah sebesar $252,50 per ons pada tahun 1999 sebelum memulai lintasan naik. Pada tanggal 2 Januari, kontrak berjangka terdekat dinilai sebesar $2.075,20, dan pada tanggal 1 Februari, kontrak bulan April berkisar di sekitar $2.078.

Pasar Kerbau Jantan Seperempat Abad

Pergerakan signifikan emas dimulai setelah mencapai titik terendah yang menonjol dua puluh lima tahun yang lalu. Analisis grafik menggarisbawahi titik terendah tahun 1999 sebesar $252,50, yang menandai titik balik karena emas secara konsisten membentuk titik terendah yang lebih tinggi dan titik tertinggi yang lebih tinggi. Sejak melampaui tertinggi sepanjang masa tahun 1980 sebesar $875 pada tahun 2008, emas belum pernah turun di bawah $1.000 per ons sejak tahun 2009 dan telah mempertahankan level di atas $2.000 per ons pada tahun 2024.

Pasar Jantan dan Koreksi

Sementara pasar jantan sering mengalami koreksi yang substansial dan berkepanjangan, emas telah mengalami kemunduran berkala. Analisis grafik selama dua puluh tahun menyoroti koreksi 45,3% dari $1.911,60 pada bulan September 2011 ke titik terendah $1.046,20 pada bulan Desember 2015. Setelah mencapai level tertinggi baru $2.063 pada bulan Agustus 2020, emas mengalami koreksi 18,9% menjadi $1.673,70 pada bulan Maret 2021. Koreksi dan reli lebih lanjut telah terjadi, yang menunjukkan sifat lintasan kenaikan emas yang tidak linier.

Volatilitas Rendah dan Peran Keuangan Emas

Emas, yang beroperasi sebagai mata uang dan komoditas, menunjukkan volatilitas rendah. Analisis grafik bulanan menunjukkan volatilitas historis di bawah 13,4% pada Januari 2024, berbeda dengan ragam harga historis indeks dolar sebesar 6,6%. Peran ganda emas sebagai aset keuangan dan komoditas berkontribusi terhadap ragam harga yang rendah, terutama dibandingkan dengan aset yang lebih bergejolak seperti minyak mentah.

Pendekatan Strategis: Membeli Saat Turun dan Mengambil Keuntungan

Strategi yang disarankan melibatkan memanfaatkan pelemahan harga di sepanjang pasar jantan emas selama dua puluh lima tahun. Membeli selama aksi jual terbukti menguntungkan, dengan penurunan harga berkala yang mewakili peluang emas untuk mengumpulkan logam. Mengoptimalkan hasil investasi melibatkan penjualan sebagian dari posisi panjang ketika emas mencapai rekor tertinggi baru, menciptakan ruang untuk koreksi berikutnya.

Harapan untuk 2024

Karena tahun 2024 menandai ulang tahun perak pasar jantan emas, prediksi mendukung level tertinggi lainnya di akhir tahun. Beberapa faktor mendukung ekspektasi harga emas yang lebih tinggi:

  • Kekacauan geopolitik cenderung meningkatkan emas sebagai investasi yang aman.
  • Fungibilitas emas dan sifat anti sanksi berkontribusi terhadap daya tariknya.
  • Lingkungan suku bunga A.S. yang stabil hingga turun dapat memengaruhi nilai dolar A.S., yang secara historis berkorelasi terbalik dengan emas.
  • Akumulasi berkelanjutan cadangan emas oleh bank sentral global memperkuat perannya dalam sistem keuangan.
  • Kombinasi langka emas dari karakteristik industri dan keuangan memposisikannya secara unik di pasar.

Kesimpulan

Tren kenaikan harga emas tampak kuat, tanpa tanda-tanda pembalikan yang jelas. Strategi yang bertahan lama untuk membeli saat harga turun, dengan potensi peluang jika emas turun di bawah $2.000 pada awal tahun 2024, terus menjadi pendekatan yang disukai. Faktor-faktor geopolitik, tindakan bank sentral, dan atribut unik emas secara kolektif berkontribusi pada prospek yang positif untuk harga emas dalam beberapa bulan dan tahun mendatang.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.