berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Saham Eropa Naik Menyusul Data PDB AS yang Kuat dan Keputusan BCE untuk Memegang Suku Bunga

ECB Interest Rate

(SeaPRwire) –   mengalami kenaikan dalam sesi sibuk yang ditandai oleh laporan laba dan keputusan Bank Sentral Eropa untuk mempertahankan suku bunga untuk pertemuan ketiga berturut-turut. Indeks Stoxx Eropa 600 naik 0,3% pada penutupan di London, dengan saham teknologi yang melampaui sementara saham otomotif tertinggal.

Bank Sentral Eropa memilih untuk meninggalkan suku bunga deposito pada rekor tinggi 4%, sejalan dengan ekspektasi. Indikasi Presiden Christine Lagarde bahwa ECB mungkin mempertimbangkan menurunkan suku bunga dari sekitar pertengahan 2024 ditafsirkan oleh pasar sebagai sinyal bahwa langkah awal masih ada di meja. Lagarde mencatat bahwa harga konsumen mengalami kenaikan minimal baru-baru ini, tetapi ECB harus memantau perkembangan upah untuk menghindari penurunan suku bunga yang terlalu dini yang dapat mengecewakan pasar sepanjang tahun.

Secara paralel, data mengungkapkan bahwa ekonomi AS melampaui ekspektasi pada kuartal keempat, dengan pertumbuhan kuat didorong oleh inflasi terkendali, belanja konsumen yang menggembirakan, dan menantang prediksi resesi. Di sisi lain, klaim pengangguran mingguan AS melebihi estimasi, mencapai 214.000.

Meskipun cetak biru PDB yang kuat, respons pasar positif, dan tanda-tanda kelemahan di pasar tenaga kerja dianggap lebih signifikan. Indeks Stoxx Eropa 600 melihat saham teknologi memimpin kenaikan, sementara saham otomotif menghadapi penurunan.

Pergerakan saham individu termasuk Givaudan SA yang meningkatkan sektor kimia, STMicroelectronics NV mengalami penurunan karena pandangan penjualannya jatuh di bawah estimasi, Nokia Oyj naik setelah kuartal keempat melampaui ekspektasi, dan Publicis Groupe SA naik karena pendapatan melampaui ekspektasi. Publicis Groupe juga mengumumkan rencana untuk menginvestasikan € 300 juta ($ 327 juta) dalam kecerdasan buatan selama tiga tahun ke depan.

Meskipun musim pelaporan keuangan masih berada di tahap awal, data menunjukkan bahwa 73% dari 12 perusahaan di Indeks MSCI Eropa yang dilaporkan melalui Rabu lalu meleset dari estimasi laba per saham. Estimasi konsensus memproyeksikan pertumbuhan laba per saham negatif sebesar 9,2% dibandingkan setahun lalu.

Investor memantau musim pelaporan keuangan dengan cermat, menilai kebijakan moneter, dan mengevaluasi kesehatan ekonomi di tengah kinerja campuran saham Eropa selama Januari setelah kenaikan yang kuat di dua bulan sebelumnya. Beberapa analis menyarankan kenaikan ekuitas saat ini berlanjut enam bulan ke depan, menyajikan kesempatan untuk lebih banyak pengembalian, terutama dengan ekspektasi penurunan suku bunga akibat disinflasi.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.