berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Saham IBM Naik 11,5% Berkat Hasil Kuartal 4 yang Kuat Didorong oleh Permintaan AI

IBM Stock

(SeaPRwire) –   IBM (NYSE: IBM) melaporkan peningkatan pendapatan sebesar 4% pada kuartal terakhir, mengatribusikan pertumbuhan tersebut pada permintaan kuat untuk produk dan layanan AI-nya, serta adopsi solusi.

CFO IBM, James Kavanaugh, berbagi wawasan dalam wawancara dengan Yahoo Finance, menyoroti peningkatan permintaan yang mencolok untuk penawaran AI generatif. Kavanaugh menyebutkan bahwa perusahaan telah berkolaborasi dengan ribuan klien, dengan kasus penggunaan dan uji coba meningkat lima kali lipat. Hasil positif ini melampaui estimasi Wall Street, dengan IBM melaporkan laba per saham sebesar $ 3,87, mengalahkan yang diproyeksikan sebesar $ 3,76, dan pendapatan mencapai $ 17,4 miliar, melampaui yang diproyeksikan sebesar $ 17,29 miliar untuk kuartal keempat.

Yang menarik perhatian analis dan investor adalah arus kas bebas IBM, yang perusahaan memperkirakan akan meningkat menjadi sekitar $ 12 miliar pada tahun ini, naik dari $ 11,2 miliar pada 2023. IBM memproyeksikan kenaikan persentase satu digit tengah dalam pendapatan, dengan perangkat lunak cenderung sedikit di atas itu, dan konsultasi diperkirakan akan meluas 6% hingga 8%.

Bisnis konsultasi IBM mengalami pertumbuhan paling signifikan pada kuartal terakhir, dengan penjualan meningkat 5,8% menjadi $ 5,0 miliar, meskipun sedikit mengecewakan beberapa ekspektasi analis. Di sisi lain, keamanan dalam bisnis perangkat lunaknya mengalami kontraksi sebesar 5%.

CEO Arvind Krishna menyoroti dampak positif dari adopsi berkelanjutan solusi cloud hibrida dan penawaran AI, menyatakan, “Permintaan pelanggan untuk AI sedang meningkat, dan buku bisnis kami untuk watsonx dan AI generatif hampir dua kali lipat dari kuartal ketiga ke kuartal keempat.”

Kavanaugh menekankan tahap awal penggunaan penawaran AI generatif IBM, menyebut aplikasi dalam meningkatkan produktivitas pengkodean, meningkatkan operasi pusat panggilan, dan meningkatkan efisiensi tenaga kerja digital dalam operasi keuangan dan sektor lainnya. Ia memperkirakan kenaikan pendapatan secara bertahap, dengan skalabilitas yang diharapkan pada 2024 dan titik infleksi pada 2025 dan seterusnya.

Setelah bertahun-tahun terbatas kisaran, saham IBM telah melonjak, menyaksikan kenaikan sekitar 24% dalam 12 bulan terakhir, mencapai titik tertinggi hampir 10 tahun. Momentum positif itu mencerminkan kepercayaan investor terhadap fokus strategis IBM pada solusi AI dan cloud hibrida.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.