berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Saham Pinterest Anjlok karena Persaingan untuk Pendapatan Iklan Semakin Ketat

(SeaPRwire) –   Pinterest (NYSE:PINS) mengalami penurunan signifikan lebih dari 10% pada hari Jumat setelah perkiraan pendapatan kuartal pertama meleset dari ekspektasi investor, menandakan potensi tantangan bagi platform media sosial yang lebih kecil dalam memperebutkan dolar iklan terhadap pemain yang lebih besar.

Kinerja platform berbagi gambar ini kontradiktif dengan penjualan iklan kuat yang dilaporkan oleh Meta (NASDAQ:META) dan Google milik Alphabet (NASDAQ:GOOGL), yang memiliki leverage lebih besar untuk memanfaatkan rebound iklan dan peningkatan pengeluaran oleh perusahaan.

Menurut Danni Hewson, kepala analisis keuangan di AJ Bell, pengiklan memprioritaskan platform yang menawarkan pengembalian investasi terbesar, yang mendukung raksasa industri seperti Meta dan Alphabet. Ini membuat pemain yang lebih kecil seperti Snap dan Pinterest memperebutkan sisa pangsa pasar.

Selama kuartal Oktober hingga Desember, perusahaan lain yang bergantung pada iklan seperti Snap (NYSE:SNAP), New York Times (NYSE:NYT), dan Fox (NASDAQ:FOXA) juga mengalami penurunan pendapatan karena penjualan iklan yang melamban.

Pinterest menghadapi potensi kerugian nilai pasar sekitar $3 miliar pada hari Jumat, dengan harga sahamnya di $36,49. Jika terus berlanjut, ini akan menandai penurunan persentase satu hari paling tajam sejak 28 April 2023.

Meskipun populer di kalangan pengguna Gen Z, yang terdiri lebih dari 40% basis penggunanya, Pinterest menyebutkan belanja iklan yang kuat dari Tiongkok dan pengecer, yang diimbangi oleh kelemahan dalam kategori makanan dan minuman.

Meskipun Pinterest mencapai pertumbuhan pendapatan dua digit, sedikit kesalahan dalam perkiraan dibandingkan dengan standar tinggi yang ditetapkan oleh raksasa teknologi seperti Meta dan Amazon menyebabkan hukuman pasar, sebagaimana dicatat oleh Susannah Streeter, kepala uang dan pasar di Hargreaves Lansdown.

Terlepas dari kemunduran tersebut, para analis Wall Street sebagian besar tetap positif terhadap hasil kuartalan Pinterest, dengan sedikitnya 19 analis menaikkan target harga mereka pada saham tersebut, sehingga mediannya menjadi $43,15.

Pinterest saat ini diperdagangkan pada 29,15 kali estimasi pendapatan berjangka 12 bulan, dibandingkan dengan saingan media sosial Snap sebesar 53,02 dan Meta sebesar 23,06, yang menggarisbawahi lanskap kompetitif di pasar periklanan media sosial.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.